5 Tips sederhana memilih batik untuk busana kerja

Batik merupakan busana tradisional yang sudah melekat erat dengan nama Indonesia. pada artikel terdahulu pernah diulas mengenai Tips memilih batik untuk busana pesta. Batik kini telah dipopulerkan dan dimodifikasi menjadi sebuah tampilan busana yang menarik dan modern. Namun, untuk penggunaannya, Anda harus jeli dalam menggunakan kain, memilih batik sesuai dengan kebutuhan, motif serta warna batik yang menarik.

Memilih baju atau busana kerja memang tidak boleh sembarangan dan asal-asalan. Begitu juga saat menjatuhkan pilihan untuk menggunakan baju batik sebagai busana kerja anda. Busana kerja yang modelnya terlalu monoton tentu akan membuahkan kejenuhan dalam bergaya. Padahal, fashion yang trendi akan menyuntikkan kepercayaan diri bagi sang pemakainya.
Batik kerja

Tips Memilih baju batik sebagai busana kerja:

  1. Pilihlah batik dalam kombinasi warna gelap atau pastel, serta bercorak geometris agar penampilan Anda tetap terlihat rapi, simpel, dan formal.
  2. Bagi yang bertubuh besar, pilihlah motif geometris yang berukuran sedang, atau kombinasi motif geometris yang besar dengan yang ukurannya kecil agar sesuai dengan proporsi tubuh Anda.
  3. Bila tubuh Anda mungil, jangan ragu untuk memilih batik bermotif geometris berukuran sedang agar bentuk tubuh tampak lebih proporsional.
  4. Digunakan untuk aktivitas kerja, pastikan Anda memilih desain busana yang simpel namun tegas, sehingga tetap berkesan profesional. Hanya jika diperlukan bisa ditambah detail atraktif yang terkesan minimalis, seperti opnaisel, ploi, saku, atau tali pinggang.
  5. Digunakan untuk busana kerja, pilihlah batik yang terbuat dari katun dan tambahkan superlining sebagai pelapis dalam (furing) agar jatuhnya busana terlihat lebih tegas dan rapi.
Semoga informasi dan tips bagaiaman cara memilih baju batik sebagai busana kerja diatas dapat bermanfaat.