4 Tips Penting serta Mudah Menata Ruang Tamu

Ruang tamu adalah bagian yang penting dari setiap rumah. Setiap pemilik rumah berusaha untuk merancang ruangan ini dengan desain yang sebaik – baiknya untuk memikat para kerabat, teman, dan saudara yang berkunjung ke rumah. Namun, bagi sebagian orang menata ruang tamu adalah hal yang sangat sulit. Hal ini bisa disebabkan karena ruang tamu yang terlalu luas, ruang tamu terlalu sempit, atau bingung bagaimana menyusun perabot dan furniture agar terlihat maksimal.
Tips Penting Menata Ruang Tamu
Menata ruangan ini sebenarnya bukan merupakan hal yang sulit. Jika Anda saat ini sedang mencoba menata ulang ruang tamu di rumah, berikut ini adalah beberapa tips mudah yang dapat membantu Anda untuk membuat ruang tamu di rumah terlihat lebih cantik sekaligus nyaman untuk orang – orang yang berada di dalamnya.

1. Sofa dan Meja
Pemilihan model sofa dan meja tamu tentu akan lebih baik jika disesuaikan dengan tema dan desain rumah Anda apakah itu bergaya minimalis, modern, klasik, country, atau desain lainnya. Misalnya jika Anda suka menata ruang tamu dengan nuansa khas Jawa tentu akan lebih cantik jika Anda memilih furnitur kayu jati dengan ukiran khas Jepara yang terkesan antik dan cantik.

Biasanya furniture tersebut terbuat dari kayu jati yang sudah tua. Namun jika furniture ini dirasa tidak terjangkau, Anda dapat mencoba replikanya yang dibuat dari bahan kayu yang lebih murah seperti kayu mahoni sehingga Anda tidak akan mengeluarkan biaya yang terlalu mahal. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan juga jika Anda ingin meletakkan sofa dengan motif kain untuk memberikan kesan antik dan klasik.

2. Penerangan atau pencahayaan
Selain sofa dan meja, hal lain yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan adalah soal pencahayaan atau lighting. Tidak dapat dipungkiri bahwa lampu mempunyai peranan yang penting untuk menampilkan suasana ruang tamu secara menyeluruh. Sebaiknya sebelum Anda membeli lampu, Anda mencari tahu jenis – jenis dan tipe lampu lebih dulu untuk mencari model yang paling cocok untuk ruang tamu di rumah Anda.
Menata ruang tamu sempit
Caranya, Anda dapat mendatangi pusat penjualan lampu, mencari inspirasi dari internet, dan mencarinya di katalog lampu. Tentu ada banyak sekali pilihan lampu yang dapat dipilih mulai dari desain tradisional sampai futuristik.

Jika Anda ingin menggunakan tema tradisional Jawa saat menata ruang tamu, tidak ada salahnya bila Anda memilih lampu kuno berdesain antik. Untuk lampu tipe ini, Anda dapat menemukannya di pasar loak atau toko benda antik.
Menata ruang tamu sempit

3. Warna
Pilihlah cat dinding rumah dengan warna yang sesuai dengan warna furniture seperti meja dan kursi. Dengan menyamakan warna furniture ini maka ruangan yang sempit pun akan kelihatan lebih hidup dan bisa membawakan suasana yang lebih lega dan nyaman. Mengkomposisikan warna yang sepadan ini adalah salah satu cara menata ruang tamu agar kelihatan lebih enak dipandang mata dan nyaman. Kesan lega juga bisa didapatkan dengan melakukan permainan kombinasi warna cat ruang tamu, seperti putih, warna krem, kuning gading, kuning lime dan turquoise. Warna ini umumnya mudah untuk dikombinasikan dengan furniture.

4. Aksesoris
Hal lain yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan adalah hiasan atau ornamen di dinding ruang tamu. Hiasan di ruang tamu sebaiknya tidak berlebih. Pasalnya memajang barang – barang atau hiasan yang kurang penting justru dapat membuat ruangan terlihat berantakan. Oleh sebab itu Anda sebaiknya lebih bijak dalam memilih aksesoris yang tepat untuk ruangan di rumah Anda.