3 Cara Mengawetkan Kayu Bahan Bangunan

Bahan bangunan dari kayu sangat familiar diterapkan pada bangunan rumah, karena dengan menggunakan material ini, hunian terasa lebih alami. Sehingga bagi Anda yang ingin menampilkan kesan ini, menerapkan kayu pada bangunan rumah merupakan pilihan yang tepat. Agar tetap awet, maka material kayu ini harus mendapatkan perawatan yang memadai sebelum digunakan. Dalam hal mendapatkan itu diperlukan tips dan trik pengawetan kayu bahan bangunan yang mungkin perlu anda terapkan agar rumah kayu idaman tahan lama sebagai berikut:
Tips pengawetan kayu bahan bangunan
1. Pengawetan kayu dengan Cara Pemulasan dan penyemprotan
pengawetan kayu dengan pemulan dan penyeprotan sangat tepat untuk anda yang sudah terlanjur membuat rumah berbahan kayu yang belum diawetkan. Tips dan Trik ini hanya bersifat sementara dan tidak terlalu bagus, Alat yang digunakan cukup sederhana, mudah penggunaannya, dan murah. Dianjurkan hanya dipakai sementara.
Misalnya memberi lapisan cat pada kayu, melabur kayu dengan ter, mengoles kayu dengan oli, mengoles kayu dengan minyak solar, dll.

2. Pengawetan kayu dengan Cara Rendaman dan pencelupan
Pengawetan kayu dengan Cara Rendaman dan pencelupan sangat cocok bagi bahan yang masih belum terpasang. Larutan bahan pengawet berupa garam akan memberikan hasil lebih baik daripada bahan pengawet larut minyak atau berupa minyak, karena proses difusi. Kayu yang diawetkan dengan cara ini dapat digunakan untuk bangunan di bawah atap dengan penyerang perusak kayunya tidak hebat. Ada tiga cara pengawetan dengan rendaman, yaitu : rendaman dingin, rendaman panas dan rendaman panas-dingin. keuntungan kayu dalam jumlah banyak dapat diawetkan bersama, larutan dapat digunakan berulangkali, serta memerlukan waktu yang lama.

3. Pengawetan kayu dengan Cara Tekanan dan vakum (cara modern)

Pengawetan kayu dengan cara tekanan dan vakum kebanyakan hanya digunakan oleh perusahaan komersil selain biayanya mahal, perlu ketelitian tinggi.